Wednesday, August 27, 2008

Kado Buat Mama

Kemaren, seorang teman bertanya "aku mau nyariin kado nih buat si mama, bagus nya ngasih apaan ya, kamu suka ngasih2 kado nggak megu?", kira2 seperti itu lah kalimat yang keluar dari mulutnya. Pertanyaan itu seolah2 sebuah tusukan bagiku. Hingga saat ini, usia ku sudah 23 tahun, mungkin baru sekali/dua kali aq memberikan kado buat ama ku tercinta. Itu pun bukan sebagai hadiah ulang tahunnya. Sebuah sweater yang kuberikan sekitar 2,5 tahun yg lalu yg masih beliau pake hingga saat ini, secara sipirok merupakan daerah yg sangat dingin (lebih dingin dibandingkan alahan panjang di solok, ataupun bandung), membuat ku begitu bahagia.

Memang dikeluargaku, memberikan kado ulang tahun tak pernah menjadi suatu budaya. Jangankan kado, mengucapkan selamat ulang tahun pun baru dimulai setelah kami semua beranjak dewasa, yah..., pada saat aku smp/ sma lah... Pada saat aq melihat kekeluarga yg lainnya, dimana mereka bisa tertawa lepas merayakan ulang tahun, saling memberikan kado tiap tahunnya, muncul suatu keirian dalam hatiku, kenapa keluargaku tak bisa seperti mereka??? Yah, kepada siapa aq musti bertanya, pada orang tuaku yang tak pernah mengajarkanku hal2 seperti itu, atau kepada kedua ortuku yang telah bersusah payah , mati-matian, membesarkan aq dan saudara2ku??? kepada siapa aku musti bertanya???

Walaupun tak pernah saling memberikan kado, tak pernah merayakan hari ultah masing-masing, bukanlah suatu kekurangan dalam keluarga (yang memang sudah cukup kekurangan :P) Bagi kami, berkumpul sudah merupakan suatu kebahagian, saling bertengkar memperebutkan makanan dan mainan, serta saling berbagi ketika ada kelebihan, merupakan hal-hal yang menyenangkan yang sampai saat ini sangat aq rindukan. Walaupun mungkin dulu kami tidak pernah mengingat hari ulang tahun anggota keluarga, walaupun hari ultah berjalan seperti halnya hari-hari biasa, aku tak pernah merasakan kurang bahagia.

Bohong jika aku katakan aq tidak merasa kekurangan, bohong jika aq mengatakan aq tidak iri melihat teman2 ku yang dengan mudahnya mendapatkan apa yg mereka inginkan, bohong jika aq tidak cemburu melihat mereka tersenyum pada hari ultah mereka, mendapatkan kado yg bagus2, yah bohong itu semua....

Namun, segala kekurangan itu tidak mampu mengurangi kebahagian yang aq rasakan. Jika seandainya aq tidak bahagia, tentu aq tidak akan merasakan rindu yang amat sangat terhadap masa2 yang telah kulalui sewaktu kecil, masa2 sulit yang mungkin bagi orang kebanyakan tidak akan mau mengalaminya. Yah, masa lalu ku sudah cukup bahagia, karena aq memiliki orang tua yang dengan cara mereka telah membesarkan ku penuh cinta, karena aq memiliki saudara2 yang begitu berharga. Bagi kami semua, berkumpul merupakan kado terindah yang begitu berharga :)

Ma, mungkin aq tidak bisa memberikan mu kado di hari ulang tahun mu, tapi InsyaAllah aq akan selalu mengirimkan bunga doa setiap habis sholatku. Dan aq tau, walaupun kau tak pernah memberikan kado ultah untukku, namun engkau selalu memberikan mutiara-mutiara cinta dan doa mu untuk ku. I Love U Mom, Dad....

(lupa, ama n keluarga pernah ngasih kado ultah untukku, di tahun ini ama n keluarga ngisiin pulsa ku sebagai kado ultah, hehehehe, habis jauh sih,...)

0 comments: