Sunday, February 17, 2008

EdeNsoR


Finally, I could finish it. Setelah sekian lama membelinya dan kemudian dipinjam orang lain, padahal aku belum membacanya, sedih... Tapi sekarang udah nggak lagi dong... Baru saja aku selesai membacanya, dan pendapatku....

Indahnya eropa, aku semakin ingin kesana, ingin menjelajahi setiap lekuknya. dan tentu saja yang paling ku inginkan adalah mewujudkan cita-cita ku untuk pergi ke jerman sana...

Adrea Hirata begitu pintar menyajikan setiap peristiwa dalam novelnya. aku tak hanya hanyut dalam alur ceritanya tapi juga ikut terpukau dengan gambaran yang dilukiskannya.

"Bermimpilah, karena Tuhan akan memeluk mimpi-mimpi itu" merupakan kalimat yang dapat membakar hasrat diriku untuk kembali bermimpi. Aku telah memimpikan eropa jauh sebelum aku tahu dimana itu eropa. Waktu kecil aku sangat senang dengan gambaran daerah perkebunan, wanita-wanita dengan gaun-gaun yang mekar, menggunakan topi bayi yang lucu :), rumah-rumah dengan desain yang indah, dan kemudian,... negeri salju, oh indahnya..... Dan akhirnya setelah aku tahu eropa; jerman, austria, swiss, belanda, etc,...ku putuskan,... aku ingin kesana.

Aku berharap suatu saat nanti aku bisa seperti ikal dan arai yang telah mejelajahi eropa. Mereka telah berjuang menyisiri sudut-sudut eropa dengan modal sebagai seniman jalanan dan tidur di pinggir jalan. Penuh tantangan memang, :)

0 comments: